BERJABAT TANGAN DENGAN MALAIKAT DAN SETAN

Hidup bisa di-setting. Ingin gembira, ikhlas dan seriuslah dalam menjalankan sebuah peran, baik peran baik maupun jahat.
Manager, Coordinator, Engineer, Leader, Installer, TLH, Driver, Admin, Kasir, GA, Sekuriti hanyalah susunan huruf yang sangat mudah dihapus.

Tuesday 23 February 2016

#AntiCalo_Urus STNK 5 Tahunan di Samsat Tandes Surabaya

Jaman kita kecil, calo adalah wakil pemerintah. Bagaimana tidak? Mereka bertebaran di seantero bilik-bilik departemen pemerintahan. Mulai urusan agama hingga duniawi. Namun kini, reformasi birokrasi telah memberangus keberadaan mereka. Bukan isapan jempol atau cerita angan-angan. Saya mengalami sendiri bagaimana cepat dan mudahnya birokrasi masa kini. Saya buktikan saat pengurusan STNK 5 tahunan mobil mertua di Samsat Tandes Surabaya pada Sabtu, 20 Februari 2016. Kondisi surat-surat mobil lengkap namun pajak mati 4 tahun.

Syarat awal yg harus dipenuhi :
1. Datanglah sepagi mungkin. Jam operasional Samsat Tandes Surabaya khusus di hari Sabtu adalah 8:00 - 11:00.
2. Bawa mobil ke Samsat, langsung parkir di dalam, ikuti petunjuk tukang parkir. Ybs akan menunjukkan lokasi parkir utk mobil yg akan diurus administrasinya.
3. BPKB asli.
4. STNK asli.
5. KTP asli sesuai nama di BPKB.
6. Bukti pajak terakhir.
7. Uang hehehehehe...

Alur pengurusan :
1. Ambil formulir di loket formulir. Letaknya di luar gedung utama, sebelah kanan dari arah kita masuk gerbang Samsat. Bayar Rp 0 alias gratis.
2. Fotokopi-lah BPKB, KTP, dan STNK. Berapa copy? Serahkan saja ke gerai fotokopi belakang loket formulir, langsung dikerjakan dan tukang kopi-nya sdh paham berapa kalinya. Bayar Rp 5,000.
3. Langsung cari petugas gesek nomor rangka dan nomor mesin. Jangan salah tempat. Di Samsat Tandes, yang ada atapnya di sebelah gerai fotokopi adalah lokasi gesek roda 2. Jika petugas gesek roda 4 biasanya mangkal di dekat parkir motor dalam halaman Samsat. Tanya saja Pak Parkir pasti langsung ditunjukkan petugasnya. Biaya seharusnya Rp 0, namun saya beri uang rokok Rp 20,000.
4. Setelah selesai digesek, isi formulir yg sdh kita ambil di langkah pertama di atas. Data-datanya ada di BPKB, jadi tinggal salin saja.
5. Setelah diisi, kita masuk ke gedung utama. Karena saya menunggak pajak 4 tahun, maka kendaraan saya kena blokir, jadi harus dibuka dulu blokirnya. Posisi loket buka blokir adalah dari pintu utama gedung langsung ambil kiri. Ada tulisan besar "Loket Buka Blokir". Serahkan STNK dan dalam 5 menit buka blokir selesai.
6. Langsung naik ke lantai 2, tujulah loket "Pengurusan STNK 5 Tahunan". Tumpuk berkas di situ hingga nama dipanggil. Saat kita dipanggil, kita akan diminta menuju kasir, di sebelah loket 5 tahunan ini. Bayar semua pajak Anda, termasuk yg tertunggak.
7. Lunas, maka geser ke loket TNKB, posisinya di sebelah kasir. Bayar Rp 125,000 dan kita tunggu hingga nama dipanggil. Saat itulah STNK dan TNKB kita jadi.

Poin 1 sampai dengan 7 saya lalui dalam waktu 4 jam. Fantastis menurut saya. Tentu, sangat murah juga. Biaya selain pajak hanya Rp 150,000 utk sebuah pengurusan STNK+TNKB 5 tahunan.

So, silahkan buktikan reformasi birokrasi pemerintahan kita di tempat Anda. Jangan mengeluh atau bahkan ambil ointas dengan menggunakan calo. Dengan mengurus sendiri, kita membantu diri kita dan anak cucu kita agar dapat menikmati birokrasi yg bersihm transparan, dan bermental melayani.

22 comments:

  1. bos kalok sabtu buka atau endak bos

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cak Dewa,
      Sabtu buka jam 8 sampe jam 11. Lebih apik, sampean datang jam 7 pagi utk mulai antri, Cak. Suwun.

      Salam anti korupsi dan anti sogok dari Bonek Pogotmania

      Delete
  2. Mas mau nanya, klo urus stnk 5tahunan vario 125 thn 2012 kira" habis brapa yaa..?? Pajak jg mati setahun... Trimakasih sebelumnya.. 🙏🙏🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Wawan,
      Kisarannya sbb Mas :
      -Denda akan dihapus krn sedang ada pemutihan hingga (kalau ndak salah) 31 Desember 2017, ayo segera dimanfaatkan.
      -PKB 1th yg mati dan 1th yg baru sekitar Rp 200,000 x 2 = Rp 400,000.
      -SWD sekitar Rp 35,000.
      -TNKB dan Admin sekitar Rp 200,000.

      Total 635rb.

      Untuk jaga2, Mas Wawan bawa sekitar 800rb. Jangan lupa bawa KTP, BPKB, dan STNK yg namanya hrs sama ya. Motor jg harus dibawa ya Mas utk gesek nomor rangka dan mesin.

      Lain2 semisal jumlah dokumen kopi nya bisa dilakukan di Samsat.

      Selamat menjadi pribadi yg taat pajak. Barokallahufiik.

      Delete
  3. Mas mau nanya kalo di samsat itu nanya total biaya pajak 5 thnan+ telat 2thn dan balik nama bisa nga ya.. Takutnya kalo lgsng msk berkas salah perhitungan duitnya kurang.. Terima kasih sblmnya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf Mas baru reply, hehe.. sibuk keliling Jawa Timur. Di Samsat alhamdulillah selalu ada CS yg menurut saya memiliki pengetahuan pajak dengan baik. Silahkan Mas konsultasikan dengan dengan CS tersebut. Atau jika Mas menggunakan HP Android, pajak bisa dicek menggunakan Aplikasi e-SMART SAMSAT JATIM. Oh iya, silahkan gunakan kesempatan pemutihan denda pajak hingga 31 Desember 2017, Pemprov Jatim yg punya program tsb. Terima kasih.

      Delete
  4. mas mau nanya, kalau urus STNK 5 tahunan supra X 125 thn 2007 kira - kira habis berapa ya??? Pajak hidup,.,.,., Terima Kasih,,.

    ReplyDelete
  5. Dear Mas Budel King, mohon maaf baru reply. Estimasi menggunakan harga terbaru (2017) :
    1. PKB motor Mas sekitar Rp 250,000.
    2. Jasa Raharja sekitar Rp 50,000.
    3. Administrasi STNK sekitar Rp 100,000.
    4. Administrasi TNKB sekitar Rp 100,000.

    Total Rp 500,000.

    Nominal di atas saya isi dengan nilai maksimal agar Mas bisa prepare dengan aman.

    Semoga bermanfaat. Terima kasih.

    ReplyDelete
  6. oh iya mtr vario 2013,jd pajak 2th dan ganti plat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Jay, maaf baru balas. Sibuk di lapangan akhir2 ini. Mohon maaf Mas, apakah motor Mas plat Jatim (misal AE, AG, L, N, M, dll asal Jatim)?
      Jika iya, bisa dicek online melalui link di bawah ini :

      http://www.dipendajatim.go.id/page-info-pajak-kendaraan?uptd=dinas

      Bisa dicoba dulu ya Mas, jika ada hal yg perlu ditanyakan lagi bisa hubungi saya kembali. Semoga sukses.

      Delete
  7. pagi min,mau tya u beaya pengurusan mtr vario 2013 pajak mati 2th dan ganti plat nomor,jg kalo balik nama dari samsat tandes ke samsat kenjeran...kira2 brp ya min beaya yg ta siapkan....terimakasih dan salam satu aspal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf Mas, bisa diinfokan plat motor Mas Jay? Saya bantu cek via aplikasi pajak online Jatim. Thx

      Delete
  8. halo mas, saya mau mutasi sekalian balik nama, apa masih perlu ktp pemilik sebelumnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf Mas baru respon. Terkait administrasi kendaraan, apapun jenis layanan yg sedang kita urus, kita diwajibkan membawa identitas (KTP) yg sama dengan nama yg tertera di BPKB sbg pemilik terakhir sebelum berpindah tangan ke Mas Cahaya Pandalungan.
      Nah misal njenengan mau mutasi dan balik nama maka wajib bawa KTP pemilik sebelumnya.
      Terima kasih.

      Delete
  9. Kalo hari Jumat buka sampe jam berapa mas? Suwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jam 17:00 Mas. Sabtu juga buka. Monggo dimanfaatkan, mumpung ada pemutihan sampai 15 Desember 2018, denda2 bakal dihapuskan.

      Delete
  10. Mau tanya mas..
    saya kan beli motor second.
    dan rencana mau balik nama..tapi saya gak punya KTP org yg sesuai a.n di STNK nya
    itu gimana
    mohon petunjuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Mas,
      Pertama, utk kejadian Mas ini rawan dimasuki calo, saya ingatkan, jgn pernah menggunakan jasa calo. Knp? Selain harga jauh di atas harga normal, menurut saya itu dosa krn praktiknya banyak abu2nya, spt suap menyuap, tips berlebihan, dll. Lebih baik kita jalankan sendiri, meski sulit tapi banyak berkahnya.
      Klo balik nama tanpa KTP pemilik sebelumnya memang tidak bisa dilayani. Saya sarankan langsung minta petunjuk ke Costumer Service resmi SAMSAT setempat. Mohon disampaikan masalah Mas, mmisal : pemilik lama tdk ditemukan, alamat di BPKB sdh pindah. Semoga ada solusi resmi. Thx

      Delete
  11. tanya mas sya beli motor bekas plat AG nganjuk rencana mau sya urus balik nama jd a/n sya sendiri ke samsat sby barat masalahnya motor sdh mati lama platnya.pertanyan nya apa bisa diurus di samsat tandes tanpa ke samsat nganjuk mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru respon, Mas. Utk pengurusan yg memerlukan cabut berkas, wajib ke Samsat Asal dl, Mas.

      Delete
  12. Mas mau tanya, kalau mau ngurus balik nama STNK Sepeda Motor dengan KTP surabaya barat, tapi saya urus di Samsat Surabaya Timur apa bisa ? Terima kasih

    ReplyDelete